Selasa, 01 April 2014

Proposal Kewirausahaan



Pendahuluan
Wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut. Sedangkan proses kewirausahaan adalah meliputi semua kegiatan fungsi dan tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi. Jiwa kewirausahaan sangat penting untuk ditanamkan dalam setiap generasi penerus bangsa dalam hal tersebut salah satunya adalah pelajar dan mahasiswa. Dikarenakan hal tersebut maka pada semester 6 saya Benny Rudiansyah dengan nomor induk mahasiswa 11041019 selaku mahasiswa jurusan teknik elektro di Universitas Bhayangkara Surabaya memperoleh salah satu mata kuliah kewirausahaan. Dalam mata kuliah ini kami memperoleh tugas untuk memberikan deskripsi mengenai salah satu usaha yang terdapat di sekitar kami. Untuk memenuhi tugas tersebut maka saya akan mendeskripsikan salah satu usaha milik Bapak Heru Pitono yang memiliki usaha di bidang jasa reparasi AC, kulkas dsb. Untuk rincian dari usaha tersebut akan dijelaskan lebih terinci pada penjelasan di bawah ini.

Biodata Pemilik Usaha
Nama : Heru Pitono
Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 6 Februari 1968
Alamat Usaha : Jalan Abdurrahman wahid RT 12 RW 03 kel. Banjarsari kec. Buduran kab. Sidoarjo

Deskripsi Usaha
Usaha dari bapak Heru Pitono merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa pemasangan AC serta reparasi AC, Kulkas dan barang elektronik lainnya. Usaha tersebut berjalan di rumah pemilik usaha dalam hal ini adalah bapak Heru pitono yaitu di Buduran Sidoarjo. Usaha tersebut telah dirintis pemilik sejak tahun 2009 hingga sekarang sudah berjalan kurang lebih selama 5 tahun. Menurut keterangan dari pemilik usaha ini cukup berkembang dibuktikan dengan telah dimiliki sebanyak 5 karyawan sebagai teknisi yang bertugas melakukan perbaikan terhadap barang elektronik pelanggan yang diperbaiki di tempat bapak Heru. Berdasarkan keterangan dari bapak Heru Pitono usaha tersebut dirintis dengan modal kurang lebih Rp 10.000.000. untuk rincian penghasilan dan biaya operasional akan di jelaskan pada rincian selanjutnya.

Prospek Pasar
Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi kebutuhan manusia akan barang elektronik akan semakin meningkat. Hal tersebut dapat dibuktikan dari riset pasar mengenai peningkatan penjualan barang elektronik dari tahun ke tahun. Karena itu maka akan dibutuhkan jasa perbaikan barang-barang elektronik karena usia dari barang elektronik yang terbatas dan juga kerusakan-kerusakan akibat penggunaan yang salah serta kecerobohan pemilik. Karena hal tersebut maka usaha jasa reparasi AC, kulkas dan barang elektronik lainnya yang dimiliki oleh bapak Heru Pitono akan semakin berkembang. Perkembangan pasarnya tidak hanya di kelas menengah ke bawah tetapi juga menengah ke atas.
Indonesia merupakan salah satu Negara dengan iklim tropis yang memiliki suhu relative cukup tinggi disbanding Negara lainnya oleh karena itu kebutuhan akan alat pendingin seperti AC juga semakin besar. Hal tersebut dibuktikan dengan penjualan AC yang semakin lama semakin meningkat. Oleh karena itu sangat diperlukan jasa pemasangan AC untuk memenuhi kebutuhan kebanyakan orang akan alat pendingin tersebut. Maka usaha pemasangan AC milik bapak Heru Pitono dapat berkembang sangat pesat selama 5 tahun sejak berdirinya usaha tersebut dikarenakan hal yang sudah disebutkan pada uraian sebelumnya. Propek pasarnya tidak hanya skala rumahan saja namun dapat meningkat hingga taraf perusahaan-perusahaan besar.

Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat memberdayakan bapak Heru Pitono selaku pendiri dan pemilik usaha untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat membiayai kehidupan rumah tangga dan juga mempersiapkan biaya bagi sekolah anak-anaknya.
Tidak hanya itu usaha ini juga dapat menambah lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan penghasilan baik tambahan maupun pokok karena usaha ini memiliki peluang untuk berkembang dengan pesat.

Manfaat Sosial
Tidak menutup kemungkinan bapak Heru Pitono akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan beliau adalah untuk memperluas usaha di semuua daerah. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Kami juga ingin merubah paradigma masyarakat, bahwa jasa reparasi elektronik tidak lagi dipandang sebagai usaha yang sepele

Gambaran Umum Pasar
Wilayah Pemasaran mencakup daerah Surabaya dan Sidoarjo untuk sistem penjualan langsung atau Direct Marketing dan Media Katalog (Brosur).
Segmen dari usaha Pemasangan AC dan Reparasi AC,kulkas serta barang elektronik lainnya ini adalah
  1. Segmen pasar perusahaan-perusahaan baik perusahaan milik swasta maupun milik Negara yang berskala kecil hingga menengah (untuk penjualan jasa biasanya dilakukan dengan membuat proposal penawaran yang akan dikirimkan ke perusahaan yang bersangkutan).
  2. Segmen Pasar masyarakat umum (untuk penjualan jasa dapat menggunakan media Katalog atau dengan menyebarkan brosur atas jasa yang ditawarkan.

Rincian Biaya Usaha
Di bawah ini akan dijelaskan secara terperinci rincian biaya mulai dari biaya operasional dan pendapatan yang dihasilkan selama sebulan oleh bapak Heru Pitono selaku pemilik usaha pemasangan AC dan reparasi AC,kulkas serta barang elektronik lainnya. Rincianya adalah sebagai berikut :
 

Kesimpulan
    Dari hasil survey yang telah saya lakukan dengan salah seorang wirausaha yang bernapma bapak Heru Pitono yang beralamatkan di jalan Abdurrahman wahid RT 12 RW 03 kel. Banjarsari kec. Buduran kab. Sidoarjo saya dapat menarik kesimpulan bahwa usaha yang dirintis dari awal hingga 5 tahun berjalan dan berkembang dapat dijadikan referensi agar kita termotivasi untuk menjadi wirausaha seperti beliau.
    Saat melakukan usaha yang hendak dibangun diperlukan keberanian dan kegigihan untuk berani memulai apa yang kita pikir tidak mungkin karena usaha tersebut tidak semuda yang kita bayangkan. seperti yang dipesankan bapak Heru kepada saya untuk menghadapi persaingan usaha diperlukan kesiapan mental dan beberapa trik antara lain senantiasa mengutamakan kualitas, memprioritaskan kepuasan pelanggan dan menjaga kepercayaan konsumen terhadap kita.

0 komentar:

Posting Komentar